5 Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter

5 the way of a good Diet, true and correct according to Doctors

Cara Diet Yang Baik harus anda coba ditengah banyaknya cara diet yang beredar di masyarakat. Kebanyakan orang menginginkan penurunan berat badan dengan cepat sehingga mereka memilih diet yang dianggap bisa cepat memberikan efek seperti diet rendah karbohidrat, detox dan lainnya. Pertanyaannya adalah, apakah benar-benar teruji? Memang terkadang bisa memberikan hasil dengan penurunan berat badan yang cepat tetapi setelah diet berat badan bisa kembali seperti semula. Kita akan membahas tentang cara diet yang tepat dan baik dibawah ini!!
5 Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter
5 Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter


1. Mengkonsumsi Makanan Yang Lambat Dicerna

Contohnya seperti gandum, beras cokelat dan pasta. Makanan tersebut dicerna lebih lambat daripada makanan yang berbahan gandum putih, sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Seorang pakar mengatakan bahwa anda bisa merasakan manfaat dari wholegrain kira-kira setelah dua minggu mengonsumsinya. Salah satunya adalah terhindar dari konstipasi karena wholegrain memiliki serat yang tinggi. 

Namun ada beberapa jenis wholegrain yang perlu diperhatikan karena justru kurang baik dikonsumsi saat diet. Jenis wholegrain yang baik adalah beras cokelat, oat, barley dan buckwheat yang belum diproses menjadi tepung. Wholegrain tersebut hanya memiliki 500 kalori per pound. Jadi anda tak perlu khawatir akan kelebihan kalori saat makan hingga kenyang. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Tomat)

Jenis wholegrain yang kurang baik untuk diet adalah yang sudah mengalami proses menjadi tepung. Wholegrain ini biasanya sudah diolah menjadi roti seperti bagel maupun cracker. Kandungan kalorinya menjadi meningkat antara 1200-1500 untuk roti dan 1600-1750 untuk cracker. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bentuk “basah” dan “kering”. Wholegrain yang sudah melalui proses penggilingan termasuk dalam bentuk “kering” seperti cracker atau sereal. Sebaliknya, wholegrain yang tidak melalui proses penggilingan seperti oat atau beras cokelat yang dimasak dengan menggunakan air sehingga menjadi “basah”. Wholegrain “basah” cocok digunakan untuk diet karena mampu mengenyangkan perut tanpa adanya tambahan kalori.

2. Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan yang sehat akan memberikan anda energi yang dibutuhkan untuk memulai hari anda dan ada beberapa penelitian yang membuktikan orang yang membiasakan sarapan setiap hari jarang mengalami kenaikan berat badan. Mengapa? Salah satu teori mengatakan bahwa makan makanan bergizi saat sarapan bisa mengurangi rasa lapar dalam sehari dan membantu anda memilih makanan yang lebih baik saat makan nanti. Mungkin anda mengira dengan melewati sarapan anda bisa mengurangi asupan kalori, namun ini tidak begitu efektif. Biasanya, rasa lapar didapat karena melewatkan sarapan sehingga nantinya orang akan makan lebih banyak saat makan siang dan selanjutnya

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Apabila anda ingin mengemil, cobalah untuk minum terlebih dahulu seperti minum segelas air putih atau secangkir teh. Seringkali kita mengira bahwa kita lapar padahal sebenarnya kita haus.

Berikut ini adalah Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet :

  • Air putih dapat menambah energi saat berolahraga
  • Air putih bisa meningkatkan metabolisme
  • Air putih bisa membantu mengatasi rasa lapar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisa saja kita keliru mengira rasa lapar sebagai rasa haus
  • Air putih meningkatkan tenaga kita
  • Konsumsi air putih membuat kita menghindari minuman yang lain
  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Menjaga kinerja organ ginjal
  • Menghaluskan kulit tubuh


4. Minum Air Putih Tiap Dua Jam Sekali

Apabila anda hanya minum air putih hanya pada saat anda haus tentu tubuh anda akan mengalami lemas yang disebabkan kurangnya cairan tubuh. Aturan yang dipakai untuk mengukur kebutuhan cairan tubuh adalah dengan melihat warna urine anda. Apabila urine berwarna kuning gelap itu merupakan tanda tubuh kekurangan cairan. Agar urine berwarna kuning cerah atau jernih yang merupakan indikator baik, penting untuk minum segelas air putih saat bangun tidur dan tiap dua jam. Saat setelah anda buang air kecil, sebaiknya minum segelas air untuk mengganti cairan tubuh.

5. Tambahkan Rasa Pada Air Putih

Air putih tidak memiliki rasa apapun dan banyak yang tidak menyukainya karenanya. Namun, ada alternatif sehat yang bisa dilakukan untuk menambahkan rasa pada air putih. Penggunaan pemanis buatan sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan respon pada bagian otak tertentu yang bereaksi pada gula sehingga bukannya memberi efek penurunan berat badan yang terjadi malah kenaikan berat badan. Pemberian rasa alami bisa dilakukan dengan menambahkan perasan lemon dan buah lain seperti raspberry untuk mengurangi rasa kecut dari lemon.

5 Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top