7 Vitamin Buah Nangka

7 Vitamin Buah Nangka yang belum anda ketahui
Buah Nangka atau Buah Artocarpus heterophyllus merupakan buah yang cukup digemari dan mudah didapat. Buah nangka yang masih muda juga dapat diolah menjadi panganan yang lezat contohnya saja gudek. Sementara itu, biji nangka juga dapat dikonsumsi setelah direbus. 

7 Vitamin Buah Nangka
7 Vitamin Buah Nangka

Selain rasanya yang manis, buah yang berwarna kuning saat matang dan memiliki aroma yang khas ini ternyata memiliki manfaat bagi tubuh kita. Berikut 7 manfaat nangka terhadap tubuh manusia.

1. Nangka Mengandung serat yang tinggi Nangka juga ternyata kaya akan serat, sehingga dapat bekerja sebagai pencahar yang baik. Serat makanan akan membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. 

2. Mengandung vitamin A Buah nangka segar mengandung vitamin A dan pigmen flavonoid seperti karoten-Ay, xanthin, lutein dan cryptoxanthin-Ay. Secara bersama-sama, senyawa ini bekerja untuk mempertahankan integritas membran mukosa dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya vitamin A dan karoten diyakini dapat melindungi paru-paru dan menghindari kanker rongga mulut. 

3. Nangka Tinggi Kalori Nangka mengandung kalori dengan jumlah yang cukup tinggi. 100 gr nangka yang kita konsumsi, menyediakan 95 kalori bagi tubuh kita. Daging nangka yang sudah matang mengadung fruktosa dan sukrosa, yang apabila dimakan, maka akan meningkatkan cadangan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung. 

4. Mengandung Antidioksidan Melebihi Vitamin C Antioksidan yang lebih tinggi serta lebi baik dari vitamin C adalah nangka. Nangka mengandung sekitar 13,7 mg atau 23% RDA vitamin C. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh menjadi kebal terhadap infeksi dan radikal bebas. 

6. biji nangka tinggi protein Selain buahnya, biji nangka juga kaya akan protein dan bergizi. Di beberrapa negara, biji nagka bahkan dicampurkan ke dalam menu makanan.

7. Kaya Akan Vitamin B kompleks Nangka Termasuk salah satu buah yang kaya akan vitamin B-kompleks. Jumlah vitamin B kompleks B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat. 6. Kaya Akan Mineral nangka merupakan sumber mineral yang baik yang terdiri dari potassium, magnesium, mangan, dan zat besi. Kalium merupakan komponen penting yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 


7 Vitamin Buah Nangka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top