7 Cara Ampuh Mengobati Sakit Mata Secara Alami

7 Cara Ampuh Mengobati Sakit Mata Secara Alami







Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari hari. Berfungsi sebagai indera penglihatan, mata membuat seseorang dapat melihat beragam hal disekitarnya. Meskipun begitu pentingnya indera penglihatan ini, tetap saja dapat terkena penyakit yang membuat pemiliknya merasa tidak nyaman.

Pada umumnya mata yang bermasalah akan berwarna merah dan terasa gatal hingga berair dan bengkak pada kelopak mata, atau bahkan benjolan yang mengganjal dan mengganggu saat sedang beraktifitaas.

Sebelum kita berlanjut untuk membahas 7 cara ampuh mengobati sakit mata secar alami, kita simak terlebih dahulu beberapa penyakit atau gangguan yang pada umumnya menyerang indera penglihatan ini :

VIRAL CONJUNCTIVITIS

Gangguan pada mata ini merupakan gangguan mata yang diakibatkan oleh virus. Jenis gangguan mata yang pertama ini termasuk sakit mata yang dapat menular dengan mudah. Namun kita tidak perlu khawatir berlebihan karena gangguan ini akan sembuh dengan sendirinya. Gangguan ini pada umumnya terjadi karena adanya cairan bening dan encer dari mata

INFEKSI BAKTERI

Gejala yang ditimbulkan dari gangguan mata yang satu ini ditandai dengan mata merah, gatal, hingga mengeluarkan cairan kental atau belek, sehingga biasanya pada saat bangun tidur akan sedikit sulit untuk terbuka. Hal ini dikarenakan mata yang rapet akibat belek atau cairan kental yang mongering. Infeksi bakteri ini disebabkan oleh bakteri dan termasuk penyakit yang menular.

BINTITAN

Bintitan merupakan keadaan ketika kelopak mata bagian atas maupun bawah mengalami pembengkakan yang terasa keras dan sakit. Banyak mitos beredar jika bintitan ini timbul karena kebiasaan yang suka mengintip. Mitos ini sepenuhnya salah, bintitan terjadi karena bakteri atau debu yang masuk ke dalam mata atau bulu mata yang tercabut kemudian terinfeksi bakteri.

Berikut 7 Cara Ampuh Mengobati Sakit Mata Secara Alami :

1. Menggunakan Bawang Putih

Selain untuk bahan memasak dan penyedap rasa, ternyata bawang putih memiliki khasiat atau sebagai obat dari berbagai macam penyakit diantara yakni obat untuk sakit mata

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memakai bawang putih sebagai obat sakit mata akan tetapi dalam menggunakan nya harus dengan ketelitian.

Ambil bawang putih, kemudian cuci sampai bersih dan langsung dikeringkan. Lalu gunakan kain yang bersih supaya bawang putih tidak kotor dan pastinya steril (terjamin kebersihan nya)

Potong salah satu ujung dari bawang putih kemudian oleskan bawang putih yang sudah dipotong tadi ke kelopak mata bagian bawah. Bagi yang sudah terbiasa memakai eyeliner, lebih kurang seperti itu lah caranya.

Setelah itu diamkan sejenak, kemudian anda akan merasakan perih pada bagian mata sampai sampai mengeluarkan air, setelah mata mengeluarkan air oleskan lagi bawang putih seperti yang anda lakukan sebelumnya, jangan sampai berlebihan, 2 kali saja sudah cukup

Karena pengobtan sakit mata dengan menggunakan bawang putih ini cukup perih dan dapat mengganggu aktivitas anda, maka hendaklah cara ini anda lakukan ketika hendak tidur atau pada saat ingin istirahat


2. Menggunakan Daun Sirih

Ternyata selain dari bawang putih, daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati mata secara alami, pastinya pengolahan secara benar jadi kunci utamanya. Tidak terlalu sulit untuk pengolahannya cukup ambil 3 lembar daun sirih yang sebelumnya sudah dicuci dengan air yang bersih.

kemudian rebuslah daun sirih tadi sampai benar benar mendidih, lalu ambil air rebusan daun sirih tadi dan diamkan beberapa saat sehingga air rebusan tadi menjadi dingin, kemudian air yang sudah dingin tadi disaring dengan menggunakan saringan teh untuk mengambil sari air daun sirih yang bersih dan jernih.

Kemudian basulah mata anda dengan menggunakan air daun sirih yang sudah disaring tadi kebagian mata yang sakit. Adapun untuk alternatifnya dapat diteteskan saja ke bagian mata yang sakit sama hal nya dengan menggunakan obat tetes mata.

Hehee rasanya perih banget, seperti perihnya hati saat diputusin si dia. Oh ya hampir lupa, jangan berlebihan dalam penggunaannya Karena dapat berbahaya juga bagi kesehatan mata kita.


3. Mengompres Mata Dengan Air Hangat

Salah satu cara ampuh mengobati mata secara alami lainya adalah dengan mengompres mata dengan air hangat diarea mata yang sakit, cara ini terbilang cara yang sangat mudah dilakukan. Cukup mengompres bagian mata yang sakit untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit pada bagian tersebut.

Sebelum mengompres mata hendaknya bagian mata harus di bersihkan terlebih dahulu. Cara ini hanya sebatas mengurangi rasa sakit pada bagian mata, apabila masih membutuhkan obat lain bisa dilakukan setelah mengompres mata.


4. Buah Mentimun

Sakit mata dapat dikurangi dengan buah mentimun yang sudah diiris. Irisan mentimun tadi, langsung letakkan saja di bagian mata yang sakit. Selain buah mentimun bisa dijadikan lalapan saat makan, mentimun juga mengangandung anti bakteri yang mampu mengurangi gejala gejala sakit mata.

Dan juga mentimun juga bisa mengurangi kantung mata. Jadi ada 2 manfaat yang di dapat pada sekali penggunaannya. Kesegaran buah mentimun juga dapat membuat bagian mata kita menjadi lebih baik dan nyaman.


5. Jus kentang

Selain buah mentimun, jus kentang mampu memberikan manfaat yang sangat baik pada mata dan juga membantu mengurangi rasa sakit dan gejala gejalanya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kentang sampai bersih, selanjutnya kupas kentang dan parut kentang yang sudah dikupas tadi. Apabila ingin lebih cepat bisa juga menggunakan blender karena menurut saya memarut kentang cukup memakanwaktu yang lama dan juga membosankan.

Setelah kentang menjadi halus, letakkan kentang kedalam kain yang bersih dan bungkus. Selanjutnya kompres mata anda dengan menggunakan bungkusan kentang tadi beberapa menit atau 15 menit kemudian bersihkan bagian mata yang dikompres dengan air yang bersih.

Cara mengobati mata secara alami dengan mengunkan kentang lumayan mudah dan sangat sederhana. Teteapi, jika menurut anda menggunakan kentang dan menjadikannya halus masih terlalu susah, bisa juga dengan mengiris kentang menjadi tipis-tipis dan kompres mata anda, sama halnya dengan buah mentimun yang digunakan untuk mengompres.


6. Air Bunga Mawar

Selain dijadikan tanaman dirumah, bunga mawar juga dapat memberikan manfaat dan menyembuhkan penyakit pada mata. Sediakan wadah air seperti baskom atau sejenisnya masukkan bunga mawar kedalam baskom yang sebelumnya sudah diisi oleh air, lalu bersihkan mata anda dengan menggunakan bunga air mawar tadi.

cara ini dapat dilakukan 3 kali sehari, seperti minum obat juga ternyata hehe, cara mengobati mata secara alami dengan air bunga mawar ini sangat simpel dan mudah dilakukan, selama bunga mawar ada dihalaman rumah, yang pastinya anda gak diceramahin si emak.


7. Tidak Menggunakan Obat Tetes Mata Secara Berlebihan

Obat tetes mata banyak digunakan oleh kebanyakan orang, apabila mengalami sakit mata dan gatal gatal pada bagian mata agar dapat mengurangi gejala tersebut. Tetapi apabila kita terlalu sering menggunakannya akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan seseorang.

7 Cara Ampuh Mengobati Sakit Mata Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top