BAHAYA PENYAKIT AMBEIEN

AMBEIEN

Ambiem Atau Wasir

Assalamualaikum warah matullahi wabarakatuh,, kali ini saya akan membagikan cara tentang sebuah penyakit yaitu AMBIEN Atau Ambeien maupun disebutkan dengan nama penyakit wasir, 
Wasir atau ambien adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan.  Wasir atau ambien terjadi karena kebiasaan mengejan saat buang air besar, terlalu banyak duduk atau berdiri, kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, dan dapat terjadi juga pada wanita hamil.

Ambiem Atau Wasir

Sejarah Ambeien 

Yang pertama kali menjelaskan tentang rasa sakit ini adalah papirus Mesir dari 1700 tahun sebelum masehi yang menyatakan: “… Engkau harus memberikan racikan, suatu cairan yang memberikan perlindungan luar biasa; daun Akasia, dihaluskan, murnikan dan masak bersamaan. Oleskan secarik kain linen halus disana -tempelkan di anus, dia akan sembuh dengan segera." Pada tahun 460 SM, Hippocratic corpus membicarakan tentang pengobatan yang mirip dengan penanganan modern yang menggunakan ligasi gelang karet: “Dan hemoroid seperti itu dapat dirawat dengan cara menancapkan jarum dan mengikatnya dengan benang wol yang sangat tebal, dan jangan diangkat sampai terlepas dan jatuh, tinggalkan saja di situ; ketika pasien pulih, berikan terapi tumbuhan Hellebore padanya.” Hemoroid juga diperkirakan dijelaskan dalam kitab Injil.
Celsus (25 SM – 14 M) menggambarkan prosedur ligasi dan eksisi, dan menceritakan kemungkinan komplikasinya. Galenmenganjurkan untuk mematikan pembuluh arteri ke vena, serta mengklaim bahwa cara ini dapat mengurangi nyeri sekaligus mencegah penyebaran gangren. Buku Susruta Samhita, (Abad ke-4 - 5 M), hampir sama seperti yang diucapkan oleh Hippocrates, tetapi lebih menekankan pada kebersihan luka. Pada abad ke-13, para ahli bedah dari Eropa seperti Lanfranc of MilanGuy de ChauliacHenri de Mondeville dan John of Ardene membuat kemajuan besar dan mengembangkan teknik-teknik pembedahan.
Kata "hemorrhoid" pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1398, yang berasal dari Prancis kuno "emorroides", dari bahasa Latin "hæmorrhoida -ae", berasal dari Yunani "αἱμορροΐς" (haimorrhois), "penyebab keluar darah", dari "αἷμα" (haima), "darah"[ + "ῥόος" (rhoos), "saluran, aliran, arus", dengan sendirinya dari "ῥέω" (rheo), "mengucur, mengalir".
Sumber Sejarah : wikipedia

GEJALA WASIR

Penderita wasir seringkali mengalami sembelit, terdapat bercak darah pada tinja, gatal di sekitar anus. Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan.
Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah. Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.

Ada dua jenis Ambeien/Hemorrhoids :

Ada dua jenis Ambeien atau Hemorrhoids dilihat dari posisi tumbuh.
1. Hemorrhoids External atau Ambeien luar memiliki ciri berada diposisi lubang anus atau dubur. Letak Ambeien luar umumnya berada disisi depan dan bukan berada dibagian dalam lubang anus / dubur.
2. Hemorrhoids Internal atau Ambeien dalam memiliki letak berada didalam lubang anus. Hemorrhoids Internal umumnya hanya terlihat kecil ketika tumbuh sebagai penyakit dan sulit terlihat. Bila semakin membesar akan keluar terdorong oleh kotoran dan terus saja keluar sehingga mulai menganggu aktifitas seseorang

Mengatasi Wasir / Ambeien

Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya anda menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir serta melakukan konsultasi dengan dokter.
  1. Jalankan pola hidup sehat
  2. Olah raga secara teratur
  3. Makan makanan berserat
  4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet
  5. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll
  6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar
  7. Minum air yang cukup
  8. Jangan menahan kencing dan berak
  9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan
  10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan
  11. Jika tidak ingin pup / bab jangan dipaksa
  12. Duduk berendam pada air yang hangat
  13. Minum obat sesuai anjuran dokter

Cara Mengobati Ambeien

Biasanya para penderita hemorrhoids baru akan menyadari berobat setelah hemorrhoidsnya semakin besar dan mulai menggangu aktivitas.Seharusnya jangan tunggu sampai hemorrhoids itu membesar, karena semakin besar, maka akan terasa semakin sakit dan memakan waktu yang lebih lama dalam pengobatan.Hemorrhoids itu layaknya pohon, walaupun kita tebang berkali-kali, pohon tersebut akan kembali tumbuh, kecuali kita cabut akarnya. Begitu juga dengan hemorrhoids, jika tidak di keluarkan / diobati sampai akar, maka akan tumbuh kembali.Ada dua cara yang ditawarkan di Klinik Tefaron dalam melakukan pengobatan, yaitu ;

  1. Dengan cara Terapi sampai tuntas : Pasien diharuskan melakukan kunjungan rutin serta pemeriksaan selama kurang lebih 2 minggu. Selama 2 minggu, hemorrhoids akan mengecil, mengering dan lepas (puput) secara alami. Di anjurkan bagi penderita hemorrhoids stadium II – IV.
  2. Dengan cara mengkonsumsi obat herbal dan pengolesan salep. Pasien dapat mengkonsumsi dan menggunakannya sendiri di rumah, tanpa harus melakukan kunjungan rutin. Dapat digunakan oleh penderita hemorrhoids stadium I – IV. Kegunaan obat ini untuk mengecilkan atau mengempiskan hemorrhoids.

Sekian Artikel saya kali ini semoga bermanfaat buat penderita atau gejala penyakit ambiem,, jangan lupa untuk share artikel ini ke semua teman atau kerabat supaya mereka tau apa yang dimaksud dengan penyakit ambeien


Deskripsi: AMBEIEN.. Ambiem Atau WasiR.. Sejarah Ambeien.. GEJALA WASIR.. dua jenis Ambeien/Hemorrhoids.. Mengatasi Wasir/Ambeien.. Cara Mengobati Ambeien..

BAHAYA PENYAKIT AMBEIEN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top