WASPADA PENYAKIT HATI

Waspada Penyakit Hati

Kembali lagi bersama info dokter99 kali ini info dokter akan membahas tentang sbuah penyakit hati bagaimana penyakit ini sering disebut dengan Penyakit hati atau penyakit liver. Dan Penyebab penyakit hati ini lebih dari 20 penyebab. Paling sering disebabkan oleh infeksi. Bisa infeksi oleh parasit (amuba disentri, malaria, cacing, toxoplasma) dan terbanyak oleh virus. Sampai sekarang dikenal delapan jenis virus hati. Paling jahat virus hepatitis B (HBV) dan hepatitis C (HCV). Ujung dari hepatitis bisa cirrhosis. Hati yang cirrhosis sel­selnya berubah menjadi jaringan ikat yang tak bisa pulih normal lagi, sehingga menurun fungsinya. Jika cirrhosisnya pada seluruh hati, fungsi hati lumpuh dan berakhir dengan gagal hati.

Penyakit Hati

Penyakit Hati

Hati yang cirrhosis sel­selnya berubah menjadi jaringan ikat yang tak bisa pulih normal lagi, sehingga menurun fungsinya. Jika cirrhosisnya pada seluruh hati, fungsi hati lumpuh dan berakhir dengan gagal hati. Hati juga bisa sakit oleh obat­obatan, minum alkohol, tercemar bahan kimia dan bisa juga bila ada sumbatan empedu akibat infeksi kandung empedu atau salurannya. Di Indonesia hati bisa rusak oleh racun aflatoxin dari kacang busuk atau bahan jamu yang sudah berjamur. Selain itu, hati juga bisa kanker dan mengalami perlemakan hati (fatty liver). 

Tubuh orang yang terserang penyakit hati, harus dihindarkan dari makanan dan masakan berlemak atau yang digoreng. Pada saat yang sama, jika bisa hendaklah mengonsumsi sedikit minyak zaitun mentah. Sebaiknya menghindari makanan yang manis­manis, seperti cokelat dan krim yang mengandung banyak busa dan telur. Sedang mengenaik ikan, disarankan untuk tidak memakan ikan terlalu banyak, khususnya ikan salmon dan sarden. Sedang mengenai sayur­sayuran, semuanya boleh dikonsumsi kecuali sabankih (semacam bayam), bakung dan asam­asaman. Disarankan bagi penderita penyakit liver untuk mengonsumsi biji­bijian dan buah­buahan selain buah pisang dan aprikot. 

Dan, juga disarankan banyak mengonsumsi umbi­umbian yang dipanggang dan direbus saja. Adapun minum air jahe, dan yang semisalnya, maka semuanya sangat baik bagi penderita penyakit hati. Dianjurkan meminum air dalam keadaan bagaimanapun, kecuali yang sudah dicampur dengan bahan pengawet. Penyakit hati disebabkan oleh banyak faktor penyebab, di antaranya : 


  • Pola hidup yang tak sehat.
  • Tubuh dipaksa untuk bekerja keras sampai­sampai tidak memperhatikan asupan gizi.
  • Pekerja malam atau orang yang sering begadang, rentan mengidap penyakit hati. 



Ini disebabkan secara biologis fungsi hatinya dipicu untuk bekerja lebih cepat sehingga detoksifikasi lebih tinggi. Akibatnya, kondisi tubu mudah drop. Adanya infeksi virus atau bakteri Kecanduan alkohol Efek samping obat­obatan tertentu yang merupakan racun bagi hati Kelainan bawaan lahir Kelainan­kelainan dalam metabolisme tubuh Adanya trauma atau luka Kurang gizi Tidak memperhatikan kebersihan alat­alat makan dan minum Penyakit hati menular lewat darah, keringat, hubungan seks dan air liur.

 GEJALA PENYAKIT HATI

 Gejala penyakit hati yang umum muncul adalah :

  1. Mata berwarna kuning dibagian mata putih serta dibagian kulit atau mengalami penyakit kuning
  2. Air kencing atau air kemih yang berubah warna menjadi warna teh
  3. Warna tinja yang pucat dan seperti warna tanah liat.
  4. Sakit perut dan perut kembung
  5. Kurang selera makan
  6. Muntah dan mual
  7. Kelelahan 


Komplikasi yang terjadi pada penyakit hati adalah :
  1. Mengalami muntah darah
  2. Lebih mudah mengalami lebam
  3. Abdominal yang mengalami pembengkakan
  4. Tingkah laku yang berubah dan kepekaan yang berubah
  5. Tinja yang berwarna hitam Seangkan komplikasi pada penyakit sirosis hati




PERAWATAN PENYAKIT HATI

Dalam melakukan perawatan penyakit hati, maka biasanya akan ada efek samping yang muncul. Efek samping yang muncul semuanya tergantung dari jenis perawatan yang dilakukan pada penyakit hati. Jenis obat antibiotik yang bisa mengakibatkan penyakit lambung atau juga reaksi dari penyakit alergi. Efek samping dan juga interferon yang termasuk penyakit seperti sakit flu, dan demam serta seluruh tubuh yang sakit. Suatu perawatan dengan melakukan transplantasi hati yang bisa mengakibatkan banyaknya terjadinya komplikasi lain misalnya adalah kegagalan dan juga suatu bentuk penolakan dari hati yang baru. Dan sesudah transplantasi hati, maka seseorang harus meminum obat sebagai antipenolakan yang kuat selama sepanjang hidupnya. Karena jenis obat­obatan ini sangat bertolak belakang denga fungsi normal dari sistem kekebalan tubuh, mereka meningkatkan resiko pada penderita untuk mengalami infeksi dan juga tipe­tipe jenis penyakit tertentu dari penyakit kanker

Cara Mencegah Penyakit Hati

Cara Mencegah Penyakit Hati – Hati salah satu bagian tubuh yang sangat penting, karena hati berfungsi juga mendetoks atau membuang racun secara alami, sehingga apabila ada senyawa yang masuk ke dalam tubuh membahayakan kesehatan tubuh akan diatasi langsung oleh hati. Hati juga bisa menghasilkan protein, menyimpan gula yang masuk dan juga menyimpan banyaknya nutrisi jika berlebihan dan akan dikembalikan pada aliran darah jika di butuhkan lagi, sehingga keseimbangan tubuh akan terjaga dengan baik jika hati berfungsi secara maksimal. Tetapi ada kalanya hati tidak bisa berfungsi dengan baik, atau tidak bisa di fungsikan secara maksimal karena ada masalah di organ hati. Hati yang tidak dapat di fungsikan secara maksimal bisa disebabkan oleh penyakit hati, karena ada kerusakan di bagian hati. Penyakit hati juga bisa sebut dengan penyakit liver, karena kondisinya sama sama ada kerusakan di bagian hati. 

Oleh sebab itu ada gangguan kesehatan pada tubuh karena keseimbangan tubuh tidak berjalan dengan baik. Siapa pun memiliki potensi untuk menderita penyakit hati apabila kesehatan hatinya tidak diperhatikan dengan baik. tidak menjaga kesehatan hati dengan baik apabila sering mengkonsumsi alkohol atau gaya hidup tidak sehat. Dengan minum alkohol sama saja tidak menjaga hati dengan baik, karena alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada hati jika di konsumsi secara berlebihan dan di konsumsi terlalu banyak. sering minum alkohol memang tidak akan langsung terasa dampaknya, tetapi dampak atau efek dari minum alkohol bertahun tahun baru terasa setelah usia semakin bertambah tua. Efek baru dirasakan jika usia semakin tua karena kerusakan pada hati terjadi secara perlahan lahan, oleh sebab itu minum alkohol tidak baik untuk kesehatan.

Penyebab penyakit hati

Penggunaan air yang kotor
Penyebab penyakit hati adalah penggunaan air yang kotor. Jenis penyebab inilah yang bisa mendatangkan penyakit liver atau hati itu datang dan muncul. Maka dengan itu, kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit penyakit liver atau hati. Yang penyakit penyakit liver atau hati ini bisa memicu terjadinya kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. dan juga bisa menyebabkan gatal gatal bagi yang menggunakan air kotor ini

Menggunakan barang barang pengidap liver atau hati

Penyebab penyakit hati adalah menggunakan barang barang pengidap penyakit penyakit liver atau hati memang harus dihindarkan. Barang barang tersebut seperti sendok, gelas, dan baju sekalipun. Penyebab inilah yang bisa mendatangkan penyakit liver atau hati itu datang dan muncul. maka dengan itu kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit penyakit liver atau hati. Yang penyakit penyakit liver atau hati ini bisa memicu terjadinya kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. karena penularan yang sering terjadi adalah dari barang atau alat yang sudah mengalami penyakit liver atau hati.

Sering memakan makanan yang tidak matang

Jenis penyebab inilah yang bisa mendatangkan penyakit liver atau hati itu datang dan muncul. maka dengan itum kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit penyakit liver atau hati. Yang penyakit penyakit liver atau hati ini bisa memicu terjadinya kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. itulah yang dinamakan dengan penyebab penyakit hati pada anak anak dan dewasa.
 

Bermain pada tempat yang kotor

Bermain ditempat kotor itu, seperti ditempat got atau semacemnya, yang juga bisa menyebabkan penyakit kulit datang. maka dengan itu, kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit penyakit liver atau hati. Yang penyakit liver atau hati ini bisa memicu terjadinya kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. ole karena itu, kalian harus bisa menjaga lingkungan dengan baik, dan jika ingin bermain, mainlah pada tempat yang bersih. Penyebab ini bisanya paling banyak terjadi pada anak anak. Dan penyebab penyakit hati bisa disebabkan oleh lingkungan yang koto

Menggunakan jarum suntik yang sembarangan

 Jarus suntik itu merupakan alat yang paling besar cara penularannya, dan jarum suntik biasanya digunakan untuk orang yang sedang menjalankan proses transfusi darah. Dan penyebab penyakit hati adalah memakai jarum suntik dengan seenaknya. Jenis penyebab inilah yang bisa mendatangkan penyakit liver atau hati itu datang dan muncul. Maka dengan itu kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit penyakit liver atau hati. Yang penyakit penyakit liver atau hati ini bisa memicu terjadinya kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Minuman yang beralkohol

Penyebab penyakit hati dapat disebabkan oleh minum minuman yang beralkohol yang sering dikonsumsi. bukan hanya menjadi dalam penyakit ini, tetapi ada penyakit lain, yang dapat disebabkan oleh minuman ini. Penyakit ginjal, dan mengalami perut buncit dapat juga terjadi oleh minuman yang beralkohol. maka dari itu, hindarilah jenis minuman ini, segera mungkin, agar tidak mengalami penyakit liver atau hati.

Melakukan hubungan sexs

Penyebab penyakit hati adalah melakukan hubungan sexs. Apalagi melakukan hubungan sexs dengan penderita penyakit liver atau hati. Jenis penyebab inilah yang bisa mendatangkan penyakit liver atau hati itu datang dan muncul. maka dengan itu kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit penyakit liver atau hati. Yang penyakit penyakit liver atau hati ini bisa memicu terjadinya kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. jauhkanlah hubungan seks ini, agar terhindar dari penyakit apa saja, termasuk terhindar dari penyakit kutil kelamin

Gejala Penyakit Hati

gejala penyakit hati adalah beberapa tanda tanda atau ciri ciri yang bisa menyebabkan penyakit hati ini datang dan muncul. Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri atau kuman yang menyerang pada bagian hati. Penyakit ini sama saja dengan penyakit liver. Penyebab dari penyakit ini adalah seringnya merokok. Selain itu merokok juga bisa menyebabkan penyakit kanker paru paru, penyakit asma, penyakit jantung, dan juga bisa menyebabkan gangguan kehamilan. Cara mencegahnya adalah dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi asupan makan yang bergizi. Dan ada juga cara mengobati penyakit ini dengan bahan yang herbal, salah satunya bisa dengan menggunakan brotowali. Serta juga ada gejala penyakit hati ini.

Cara Menjaga Kesehatan Hati

jika ingin terhindar dari berbagai macam penyakit hati, maka hal yang harus di lakukan hanya lah menjaga kesehatan hati, sehingga hati tetap akan berfungsi dengan baik. 

Air lemon

Tubuh memiliki hati memang akan berperan membuang racun yang ada di dalam tubh. Tetapi tidak ada salah nya untuk membantu kerja hati membuang racun dengan mengkonsumsi air lemon. Karena air lemon yang akan di konsumsi tidak hanya akan membuang lemak yang ada di dalam tubuh saja, tetapi juga akan membuang racun juga. 

Sayuran

Dengan mengkonsumsi sayuran juga akan membantu untuk menyehatkan jantung terlebih sayuran brokoli, serta mengkonsumsi bawang sebagai tambahan nya. jika rutin di konsumsi akan menyehatkan hati dan menjaga fungsi hati tetap berjalan dengan baik. 

Stop alkohol

Dengan berhenti mengkonsumsi alkohol maka sudah melakukan hal yang baik untuk menjaga kesehatan hati. sehingga jika menjauhi minuman yang beralkohol akan jauh dari jenis penyakit hati yang akan menghampiri. 

Anggur

Mengkonsumsi buang anggur juga akan membantu untuk menjaga kesehatan hati. karena buah anggur dapat melindungi hati dari infeksi bakteri atau pun virus. 

Bawang putih

bawang putih akan membantu untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dan juga akan membantu untuk mencegah penyakit kanker.


MENCEGAH PENYAKIT HATI

Dibawah ini ada beberapa cara mencegah penyakit hati adalah :

  • Hindari penggunaan alat kesehatan bersamaan misalnya adalah penggunaan alat cukur atau gunting kuku.
  • Menjaga kebersihan dengan baik, sebaiknya mencuci tangan setelah Anda menggunakan toilet atau juga mengganti diapers.
  • Menghindari jenis minuman dan penggunaan air kran jika Anda sedang bepergian keluar negeri
  • Hindarilah pemakaian obat terlarang dan paling utama adalah penggunaan dari alat suntik yang bersamaan
  • Hindari bahan kimia dan bahan beracun, jangan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan berlebihan.
  • Gunakanlah jenis obat­obatan yang diresepkan dan dianjurkan oleh dokter.
  • Lebih berhati­hati dalam menggunakan produk berbahan kimia industri
  • Makanlah makanan yang baik atau makanan diet yang seimbang gizinya dan baik menurut pertunjuk dari piramid makanan.
  • Anda bisa mendapatkan 1 suntikan dari immune globulin setelah Anda terpapar virus hepatitis A.
  • Lakukanlah hubungan seksual yang aman dan sehat

WASPADA PENYAKIT HATI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top