KANKER

Kanker

Kali ini saya akan membahas sedikit menjelasakan tentang kanker, dan beberapa tips untuk menghindari kanker sebagai berikut.
"Indonesia sangat kaya tanaman berkhasiat antikanker, jauh lebih kaya daripada Cina,  dan lebih bagus mutunya. Tetapi mengapa angka kejadian kanker di Indonesia lebih tinggi  daripada Cina? Karena orang Indonesia suka sekali makan gorengan..."
(Prof. Dr. Li Peiwen, ahli kanker & obat tradisional senior Cina.)


Apa itu kanker?

wat is kanker

Sederhananya
Kanker  adalah  suatu  penonjolan  atau  pertumbuhan  tidak wajar  yang  dapat  terjadi  pada  setiap  bagian  tubuh.  Setiap  benjolan  yang  keras,  tidak  sakit  dan  tumbuh  perlahan-lahan  pada  salah  satu  bagian  tubuh.  Penyakit  ini  berbahaya  dan  sering  kali  memerlukan  operasi/pembedahan oleh para medis 

wat is kanker

Lebih lengkapnya
Kanker adalah pertumbuhan sel-sel  jaringan tubuh yang tidak normal, berkembang dengan  cepat,  tidak  terkendali,  dan  akan  terus membelah  diri,  selanjutnya menyusup  ke  jaringan  sekitar  (invasive) dan  terus menyebar melalui  jaringan  ikat, darah, dan menyerang organ

1.  Kanker Otak
Sakit kepala  yang  sangat pada pagi  hari dan  berkurang pada  tengah  hari, epilepsi,  lemah, mati  rasa  pada  lengan  dan  kaki,  kesulitan  berjalan, mengantuk,  perubahan  tidak  normal  pada  penglihatan,  perubahan  pada  kepribadian,  perubahan  pada  ingatan, sulit bicara.

2.  Kanker mulut
Terdapat sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh. 

3.  Kanker Tenggorokan
Batuk terus menerus, suara serak atau parau. 

4.  Kanker Paru-paru
Batuk terus - menerus, dahak bercampur darah, rasa sakit di dada. 

5.  Kanker Payudara
Adanya  benjolan,  penebalan  kulit  (tickening),  perubahan  bentuk,  gatal  -  gatal,  kemerahan, rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau menstruasi. 

6.  Kanker saluran pencernaan
Adanya darah dalam kotoran yang ditandai dengan warna merah terang atau hitam,  rasa  tidak enak  terus  - menerus pada perut, benjolan pada perut,  rasa  sakit  setelah  makan, penurunan berat badan. 

7.  Kanker Rahim (uterus)
Pendarahan  diperiode  -  periode  datang  bulan,  pengeluaran  darah  saat mens  yang  tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa. 

8.  Kanker Indung Telur (ovarium)
Pada fase lanjut barulah muncul gejala. 

9.  Kanker Kolon
Pendarahan pada rectum, ada darah pada kotoran, perubahan buang air besar (diare yang terus menerus atau sulit buang air besar). 

10. Kanker Kandung Kemih atau Ginjal
Ada darah pada air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan  atau kesulitan buang air kecil, sakit pada kandung kemih. 

11. Kanker prostat
Kencing tidak  lancar, rasa sakit yang terus menerus pada pinggang belakang, penis dan paha atas. 

12. Kanker buah zakar/testis
Adanya  benjolan  pada  buah  zakar,  ukuran  penampungan  pada  buah  zakar  yang membesar  dan  menebal  secara  mendadak,  sakit  pada  perut  bagian  bawah,  dada membesar atau melembek. 

13. Limfoma
Kelenjar  getah  bening  membesar,  kenyal  seperti  karet,  gatal  -  gatal,  berkeringat pada  waktu  tidur  malam,  demam  atau  penurunan  berat  badan  tanpa  sebab  yang jelas. 

14. Leukemia
Pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering kena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, mimisan. 

15. Kanker Kulit
Benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti  tanduk),  infeksi yang tidak  sembuh  -  sembuh,  bintik-bintik  berubah warna  dan  ukuran,  rasa  sakit  pada daerah tertentu, perubahan warna kulit berupa bercak-bercak. 

16. Komplikasi
Komplikasi  yang  sering  terjadi  pada  pasien  kanker  adalah  infeksi  yaitu  pada pengidap  kanker  stadium  lanjut.  Infeksi  terjadi  akibat  kekurangan  protein  dan  zat gizi  lainnya  serta  penekanan  sistem  imun  yang  sering  terjadi  setelah  pengobatan konvensional. 

Huft..  banyak  banget  ya. Sepertinya  kanker  perlu  KB  biar  gak  lagi  tambah banyak

Kenapa seseorang terkena kanker?

Kenapa seseorang  terkena kanker? Biasanya  tidak dapat diketahui secara pasti karena bisa jadi  disebabkan  gabungan  dari  sekumpulan  factor. Tapi  ada  beberapa  faktor  yang  diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker. 

1.  Faktor keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki  resiko  lebih  tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya.
Jenis  kanker  yang  cenderung  diturunkan  dalam  keluarga  adalah  kanker  payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. 
Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali  jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. 

2.  Faktor Lingkungan
Beberapa kegiatan, tanpa disadari, mengundang resiko tumbuhnya kanker
  • Merokok Meningkatkan  resiko  kanker  paru  -  paru,  mulut,  laring  (pita  suara),  dan kandung kemih.
  • Sinar Ultraviolet dari matahari
  • Radiasi  ionisasi dalam sinar rontgen yang dihasilkan dari pembangkit  listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom. Contoh, orang yang selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang  Dunia  II,  berisiko  tinggi  menderita  kanker  sel  darah,  seperti Leukemia.

 
3.  Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.
Hati-hati  memilih  makanan.  Tidak  semua  makanan  sehat  lo!  Beberapa  jenis makanan  ternyata bisa memyebarkan surat undangan untuk kanker agar hinggap di tubuh kita.  
Catat beberapa jenis makanan berikut:
  • Makanan  yang  diasap  dan  diasamkan  (dalam  bentuk  acar)  meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung
  • Minuman  yang  mengandung  alkohol  menyebabkan  berisiko  lebih  tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  • Zat pewarna makanan
  • Logam  berat  seperti merkuri  yang  sering  terdapat pada makanan  laut  yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
  • Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.

4.  Virus
Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antara lain :
  • Virus Papilloma, menyebabkan kutil  alat kelamin  (genitalis)  juga dicurigai salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita.
  • Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi  (kanker  sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah).
  • Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati.
  • Virus Epstein  - Bar  (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt,  sedangkan di China virus  ini menyebabkan kanker hidung dan  tenggorokan. Ini  terjadi karena faktor lingkungan dan genetik.
  • Virus Retro  pada manusia misalnya  virus HIV menyebabkan  limfoma  dan kanker darah lainnya.


5.  Infeksi
  • Parasit Schistosoma  (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena  terjadinya  iritasi menahun  pada  kandung  kemih.  Namun  penyebab iritasi menahun lainnya tidak menyebabkan kanker. 
  •  Infeksi  oleh  Clonorchis  yang  menyebabkan  kanker  pankreas  dan  saluran empedu. 
  • Helicobacter Pylori adalah bakteri yang dicurigai penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri  ini menyebabkan cedera dan peradangan  lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel. 


6.  Faktor perilaku
Merokok,  mengkonsumsi  makanan  yang  banyak  mengandung  lemak  dan  daging yang diawetkan, peminum minuman beralkohol, melakukan hubungan  intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan beresiko lebih tinggi terkena kanker. 

7.  Gangguan keseimbangan hormonal
Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan  meningkatnya  risiko  kanker  payudara,  kanker  leher  rahim,  kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria. Hal itu terjadi karena hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung  mendorong  terjadinya  kanker,  sedangkan  progesteron  melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan.  Kaum  hawa  yang  menstruasi  memiliki  kadar  estrogen  yang  tinggi. Maka  wanita yang mengalami menstruasi dini dan mencapai menopause  lambat memiliki  resiko terbentuk kanker payudara lebih tinggi. Terlambat mengandung atau tidak memiliki anak juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara.
Kabar baiknya, wanita yang menyusui selama paling sedikit 6 bulan berturut – turut dan wanita yang hamil beberapa kali, mendapat resiko  lebih rendah  terkena kanker payudara.  Karena,  pada  saat  kehamilan  dan  menyusui  Hormon  progesterone, hormone  yang  bersifat  protektif  terhadap  kanker  yaitu  dengan  menghambat  efek stimulasi estrogen, meningkat.

8.  Faktor kejiwaan, emosional
Stress; dendam; kebencian yang mendalam dan sakit hati; dapat menyebabkan atau memperberat  kanker.  Gangguan  emosi  ini  dapat  menyebabkan  ganggguan keseimbangan  seluler  tubuh.  Keadaan  tegang  yang  terus  menerus  dapat mempengaruhi  sel,  dimana  sel  jadi  hiperaktif  dan  berubah  sifat  menjadi  ganas sehingga  menyebabkan  kanker Stres yang berat. 

9.  Radikal bebas
Radikal  bebas  adalah  suatu  atom,  gugus  atom,  atau  molekul  yang  mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Misalnya:
  • Radikal  bebas  yang  terbentuk  sebagai  produk  sampingan  dari  proses metabolisme.
  • Radikal  bebas  yang  masuk  ke  dalam  tubuh  dalam  bentuk  racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari.
  • Radikal bebas yang  terproduksi pada waktu kita makan berlebihan maupun dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis. 

Untuk  mendeteksi  keberadaan  kanker,  beberapa  metode  dapat  dilakukan,  diantaranya, deteksi  dini  dengan  Digital  Infrared  Imaging  atau  Pencitraan  Inframerah  Digital  (PID). Teknik  ini  untuk  memonitor  kesehatan  payudara  dan  leher  rahim  pada  wanita  terhadap adanya proses prakanker.
 Tentang  prinsip  kerja  PID,  sederhana  saja.  Benda  pada  temperatur  tertentu  akan memancarkan  radiasi  gelombang  electromagnet  dari  permukaan  yang  tidak  kasat  mata, dimana  intensitas  maksimum  terjadi  pada  panjang  gelombang  daerah  sinar  inframerah. Aktivitas  kimia  dan  aktivitas  pembuluh  darah  didalam  jaringan  sekitar  prakanker  yang sedang  tumbuh  selalu  lebih  tinggi  daripada  jaringan  normal.  Maka  dari  itulah  ia  dapat terdeteksi.
Beberapa  tes  murah  meriah  dapat  dilakukan  sendiri  dirumah.  Misalnya,  bagi  wanita, melakukan  pemeriksaan  payudara  sendiri  (bagi  wanita)  atau  buah  zakar  bagi  pria  setiap bulan. Sederhana namun dapat membantu mendeteksi kanker secara dini.

Hal  lainnya, memeriksa  secara  teratur  adanya  luka  terbuka  dimulut  yang  tidak  sembuh  - sembuh untuk mendeteksi kanker mulut pada stadium dini.

Langkah  berikutnya  adalah  terapi  pengobatan  dengan  cara  konvensional.  Tapi  pada kenyataannya pengobatan konvensional sering kali kanker belum bisa diatasi secara  total.
Disinilah peran tanaman obat/herbal mulai diandalkan. Penggunaan herbal untuk mengobati kanker  tidak  muncul  begitu  saja.  Ada  beberapa  pendekatan  yang  mendasari  pengobatan dengan bahan baku tersebut, yaitu sebabagi berikut: 
  • Hasil penelitian bahwa kanker bersifat reversible (bisa normal kembali) 
  • Konsep menghambat pertumbuhan kanker. Kanker  tumbuh karena karsinogen dan lingkungan  yang  mendukung  mutasi  genetis  pertumbuhan.  Jika  karsinogen  dan lingkungan tersebut ditiadakan, pertumbuhan kanker akan terhambat. 
  • Konsep  penuaan  sel  kanker.  Jika  pertumbuhannya  dihambat,  maka  sel  kanker tersebut tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang, kemudian tua dan mati.
  • Konsep  memperkuat  sel  lain  di  sekitar  kanker.  Kanker  berkembang  dengan  cara menyerang  sel  yang  ada  disekitarnya,  sehingga  dengan  memperkuat  sel  sehat  di sekitarnya akan terbentuk pertahanan sel yang dapat menahan sel kanker.
Cegah Kanker
Sebagai  penyakit  degeneratif,  sebenarnya masalah  kanker  bisa  dicegah  dan  dikendalikan dengan menghindari  faktor-faktor  penyebabnya.  Inilah  yang  sering  kurang  disadari  oleh penderita dan pejuang kanker. Padahal menjalani pengobatan kanker (operasi, kemoterapi, radiasi) tanpa menghilangkan faktor-faktor penyebabnya seperti mandi dalam  lumpur. Gak akan pernah bersih!  
Agar pengobatan berhasil,  selain berobat secara medis dan mematuhi nasehat dokter, kita harus melakukan upaya-upaya pengobatan  nonmedis. Upaya-upaya pengobatan  nonmedis inilah yang dimaksudkan dengan menghilangkan faktor-faktor penyebab/pemicu kanker. 

Banyak di antara upaya ini yang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu keluar rumah, dan kalau dilakukan  secara  sungguh-sungguh  sangat  besar  pengaruhnya  pada  proses  penyembuhan.
Antara lain:

Berdoa dapat menyembuhkan kanker

  1. Doa,  keikhlasan,  dan  sikap  positif  sangat meningkatkan daya  tahan  tubuh, sehingga  tubuh  lebih kuat melawan sel-sel kanker (maupun penyakit lainnya).
  2. Jadi, buat para  inang kanker, hayuu menerima keberadaan kanker  itu dengan  ikhlas dan pikiran positif, percaya penuh bahwa sesungguhnya Tuhan sedang menurunkan anugerah di balik kondisi sakit tersebut.
  3. Menjaga  jiwa,  sikap, dan perilaku  supaya  tetap  tenang,  tidak  bingung,  tidak  sedih berlarut-larut,  tidak  marah-marah,  tidak  stress.  Jiwa  yang  tidak  stabil  membuat tubuh  menghasilkan  zat-zat  beracun,  membuat  sel-sel  tubuh  bersifat  asam,  dan kondisi ini ibarat “pupuk”, sangat disukai sel-sel kanker untuk tumbuh subur.
  4.  Tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.
  5. Cukup istirahat dan menjaga pola makan.
  6. Menghindari polusi, asap rokok, dan sinar matahari berlebihan. Sinar matahari dibutuhkan, tetapi cukup 20 menit sehari, khususnya sinar matahari pagi.
  7. Olahraga dan tinggal di lingkungan yang kaya oksigen/banyak tanaman. Olahraga meningkatkan kadar oksigen dalam sel tubuh, sedang kanker benci pada sel yang kaya oksigen, karena dia akan mati merana di dalamnya!
  8. Melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, jika perlu mengkonsumsi jamu, suplemen, atau antioksidan. Tetapi ingat, anda harus tahu persis apa yang anda konsumsi: apa kandungannya, apa manfaatnya, apa efek sampingnya, seberapa takarannya, bagaimana cara mengkonsumsinya, dan bagaimana interaksinya dengan obat-obat lain.
  9. Menjaga  semangat,  jangan  sampai  kendur,  jangan  pernah  menyerah,  walaupun perjuangan harus dilakukan berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.Jika  semua  upaya  nonmedis  tersebut  bisa  dilakukan  bersama-sama  dengan  upaya pengobatan  medis,  dipastikan  hasilnya  akan  lebih  optimal.  Kemungkinan  sembuh  lebih besar,  setidaknya  keganasan  sel-sel  kanker  dapat  dikendalikan,  yang  artinya  dapat memperpanjang usia.  Seiring  dengan  gerakan  back  to  nature,  kini  kalangan  medis  pun  banyak  menganjurkan penggunaan  obat  kanker  alami  sebagai  pelengkap  terapi  bagi  proses  penyembuhan kemoterapi, radioterapi ataupun pembedahan.

 
Manfaat  dan  kegunaan  tanaman  obat  bagi  para  penderita  kanker  tidak  diragukan  lagi.
Namun  yang menjadi  kendala  utama  adalah  supply-nya. Bagi  kaum  awam,  tidak mudah mencari dan menemukan tanaman obat disekitar kita.
Sebagai alternatif, kini telah tersedia berbagai produk ramuan racikan para herbalis ataupun produk-produk  tunggal  dengan  berbagai  merk  di  pasaran.    Tapi,  Produk  Obat  Kanker Herbal mana yang harus dipilih? 
Berikut beberapa tips: 
  1. Cek! Komposisi: ramuan tersebut terdiri dari jenis tanaman obat apa saja? 
  2. Cek! Apakah kemasan hyegenis dan proses pembuatannya benar?
  3. Cek!  Lama  produk  beredar  di  pasaran.  Semakin  lama  beredar  biasanya  semakin teruji kualitasnya 
  4. Cek!  Kesaksian(Testimony)  pemakai.  Banyaknya  testimony  meningkatkan kepercayaan akan khasiat produk
  5. Cek! Reputasi perusahaan atau herbalis.
  6. Cek! Apakah produk terdaftar di Badan POM 

Sekian Info Dokter99 sekilah penjelasan tentang kanker. mohon maaf jika ada penulisan kata kta yang salah, jika untuk bertanya lebih lanjut slahkan komen di Bwah ini :) 

Kanker, Apa itu kanker?, Kenapa seseorang terkena kanker?, Cegah Kanker, Berdoa dapat menyembuhkan kanker, beberapa tips untuk menghindari kanker, kanker sisters,canker sore,kanker serviks,kanker payudara,kanker travels,kanker kulit,kanker prostat,kanker otak,kanker usus,kanker paru paru,kanker tulang,kanker rahim,kanker mulut,kanker lidah,kankerbossie,kanker darah,kanker getah bening,kanker hati,kanker ovarium,kanker anthem,kanker adalah,kanker anthem video,kanker anthem song,kanker anthem video download,kanker adalah pdf,kanker anak,kanker antham song,kanker amandel,canker aid,kanker anak indonesia,kanker agriculture college,kanker antam,kanker anthem full video,kanker abdomen,kkr anthem lyrics,kanker akibat rokok,kanker anak di indonesia,kanker antham song download,kanker bus,kanker bhaskar,kanker bibir,kanker burger,kanker by vroue,kanker behandeling,kankerbos,kanker by mans,kanker block map,kanker buli,kanker bookmyshow,kanker by honde,kanker bags,kanker buah zakar,kanken backpack,kanker burger recipe,kanker bisa sembuh,kanker bisa menular,kanker boodskappe,kanker chhattisgarh,kanker city,kanker city center,kanker court,kanker colon,kanker chhattisgarh pin code,kanker chhattisgarh tourism,kanker chhattisgarh map,kanker chhattisgarh news,kanker college,kanker cg news,kanker colorectal,canker cover,kanker chhattisgarh std code,kanker cinemax,kanker city center cinema,kanker collector shammi abidi,kanker city population,kanker cancer,kanker district,kanker djs club,kanker dutch,kanker district map,kanker darah disebabkan oleh kelebihan,kanker drama,kanker darah stadium 4,kanker district court,kanker di indonesia,kanker dan tumor,canker definition,kanker darah stadium 2,kanker di leher,kanker darah stadium 3,kanker dharmais,kanker dinding rahim,kanker district chhattisgarh,kanker darah bisa sembuh,kanker district job,kanker endometrium,kanker esofagus,kanker empedu,kanker en armoede,kanker endometrium pdf,kanker episode 1,kanker episode 2,kanker episode 4,kanker empedu adalah,kanker esofagus pdf,kanker endometrium adalah,kanker episode 9,kankar episode 10,kanker episode 16,kanker episode 5,kankar episode 3,kanker episode 13,kanker english,kanker episode 8,kanker endometriosis,kanker flood,kanker flikker,kanker faktore,kanker fotos,kanker forest,kanker facebook,kanker flood 2016,kanker flood news,kanker faring,kanker fase 3 en 4,kanker faring adalah,kanker forest department,kanker fonds aruba,kanker faktor genetik,kanker fam,kanker faringitis,kanker faktor keturunan,kanker ginjal,kanker gusi,kanker gigi,kanker ganas,kanker ghati,kanker ghati park,kanker govt job,kanker.gov.in notice board,kanker getah bening wikipedia,kanker getah bening in english,kanker getah bening penyebab,kanker ganas yang mematikan,kanker getah bening bisa menular,kanker getah bening stadium 1,kanker genitalia,kanker getah bening adalah,kanker gedigte,kanker gaster,kanker hidung,kanker hati sembuh,kanker hidung stadium 4,kanker hindi news,kanker hotels,kanker hati stadium 3,kanker hissy fit,kanker hati wikipedia,kanker hati stadium lanjut,kanker hati pdf,kanker hospital,kanker history in hindi,kanker huiduitslag,kanker hepatoma,kanker histiocytosis,kanker hati sekunder,kanker hati menular,kanker hidung stadium 3,kanker hashmi travels nagpur,kanker indonesia,kanker in english,kanker indung telur,kanker images,kanker in chhattisgarh,kanker itu apa,kanker iti,kanker in situ,kanker in situ adalah,kanker in die rug,kanker in de baarmoeder,kanker in dikderm,canker in mouth,kanker in man's,canker in horses,canker in throat,kanker in kinders,kanker in suid afrika,kanker in die slukderm,kanker in vroue dele,kanker jantung,kanker job,kanker jinak,kanker jupe,kanker zp,kanker jaringan lunak,kanker janpad panchayat,kanker jila map,kanker jurnal,kanker zila panchayat shiksha karmi,kanker zila,kanker jantung wikipedia,kanker jaringan lunak rhabdomyosarcoma,kanker jinak payudara,kanker zila panchayat recruitment 2014,kanker kelenjar getah bening,kanker khera,kanker kolon,kanker kandung kemih,kanker khera meerut,kanker kolorektal,kanker kulit melanoma,kanker khera meerut pin code,kanker kulit wajah,kanker kulit kepala,kanker kerongkongan,kanker kepala,kanker kelenjar ludah,kanker kolon pdf,kanker kandungan,kanker kista,kanker kelenjar tiroid,kanker khera police station,kanker kolorektal pdf,kanker lambung,kanker leher,kanker limfoma,kanker leher rahim,kanker liver,kanker lidah stadium 4,kanker leukimia,kanker limpa,kanker lipoma,kanker lidah stadium awal,kanker lambung pdf,kanker larynx,kanker leher rahim ppt,kanker latest news,kankerlekker,kanker lidah cecilia,kanker lidah pdf,kanker leher rahim pdf, wat is kanker

KANKER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top