KANKER LEUKIMIA

Kanker Leukimia

Kali ini saya akan membahas suatu penyakit yang dikenali dengan penyakit Kanker Leukimia atau penyakit kanker darah, pada penderita penyakit kanker leukimia atau yang biasa disebut dengan kanker darahyaitu salah satu jenis penyakit kanker. Leukimia yang disebabkan karena adanya peningkatan jumlah sel darahputih dalam darah atau sumsum tulang. Karena jumlahnya yang begitu meningkat sel sel darah putih ini yangsebetulnya tidak begitu normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. ketidak normalan ini akanmembuat fungsi sel begitu terganggu. Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit yang sangatmembahayakan. Penderita leukimia yang harus segera diobati, jika terlambat dalam penanganan nya makapenderita tidak bisa tertolong.cara menyembuhkan leukimia juga termasuk sengat sulit.

KANKER LEUKIMIA

Apa Yang Dimaksud Penyakit Leukemia

Leukemia adalah penyakit kanker darah yang merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada sel darah putih (leukosit)

Kanker Darah atau Leukemia merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih). Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Jenis Jenis Penyakit Leukemia

Secara garis besar, kanker darah atau leukemia dibedakan menjadi 2 tipe Leukemia akut dan Leukemia kronis,sebagai berikut :

a. Leukemia akut

Leukemia jenis ini ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan dan memburuk.Apabila tidak diobati dengan segera, maka penderitannya dapat meninggal dalam hitungan minggu atau hari.

b. Leukemia kronis

Merupakan kanker darah yang memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapanhidup yang lebih lama.

Tanda Dan Gejala Penyakit Leukimia

  • Pembengkakan kelenjar lympa
  • Nyeri tulang dan persendian
  • Kesulitan bernafas
  • Pendarahan
  • Nyeri perut
  • Anemia

Penyebab Penyakit Leukimia

  • Herediter : Yang mana pendrita Down Syndrom 20% lebih besar akan terjeba leukimia dari pada orang normal
  • Radiasi : Hal ini berdasarkan tiset pada pegawai Radiologi yang ternyata lebih sering menderita leukimia. Leukimia ini juga ditemukan pada korban radiasi bom ataom di Heroshima dan Nagasaki(jenpang)
  • Leukemogenik : Beberapa zat kimia telah diindetifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukimia misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia industri seperti insektisida serta obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi
  • Virus : Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan leukimia, antara lain : retrovirus, virus leukimia feline, HTLV-1 pada dewasa
Sekian Penjelasan saya kali ini tentang penyakit kanker leukimia, semoga yang membaca bisa memahami tentang penyakit leukimia ini,, jika ingin bertanya berkomentarlah dengan sopan, insyak allah saya balas. 

KANKER LEUKIMIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top