GINJAL

GINJAL

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh, kali ini saya akan membahas tentang sebuah penyakit ginjal, selain membahasa juga saya akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi penyakit ginjal atau gejala gangguan ginjal,, ok langsung aja kita nahas tentang penyakit Ginjal ini dan dan mengobati ginjal secara alami.

Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai  kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi:

  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.
Penyebab Penyakit Ginjal

Penyebab Penyakit Ginjal


Penyebab dari ginjal yang sudah kronis atau kronis adalah karena pola hidup yang buruk, seperti merokokdan minuman alkohol, infeksi pada ginjal, penyumbatan yang terjadi karena adanya batu ginjal, penyakitprostat dan peradangan atau pembengkakan pada ginjal. Dengan cara penyembuhannya kita dapatmenggunakan bahan bahan yang terbuat dari tumbuhan. Jika menggunakan cara ini, efek atau resiko yangditimbulkan pun tidak ada. Setelah itu, kita harus bisa mencegah agar penyakit ginjal ini tidak terjadi padadiri kita, dengan selalu hidup sehat, rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, perbanyak airputih dan jauhkan yang bisa menyebabkan penyakit diabetes terjadi.

Penanganan Penyakit ginjal Bila hal ini terjadi maka ginjal tak dapat lagi menyaring darah sebagaiman normalnya terjadi. Oleh sebab itu, beberapa langkah intervensi yang dapat dilakukan antara lain:
  • Penderita yang mengalami gagal ginjal harus menjalani cuci darah atau dialisis dengan mesin yang menggantikan fungsi ginjal.
  • Dokter juga bisa melakukan prosedur untuk memperbaiki aliran darah ke ginjal, mengangkat sumbatan pada saluran kemih
  • Menghentikan penggunaan obat-obatan yang memperberat kerja ginjal.

Cara Mencegah penyakit ginjal

Selain mengetahui gejala dan pengobatannya, sebaiknya kita juga mempunyai pengetahuan yang memadai tentang gejala penyakit ginjal dan pencegahannya. Dengan demikian, kita bisa menghindari penyakit ginjal tersebut menimpa organ berharga kita. Untuk melindungi ginjal, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:
  • Rajin mengecek tekanan darah kita. Penyakit ginjal dapat terjadi karena komplikasi penyakit tekanan darah tinggi yang kronis.
  • Menghilangkan kebiasan merokok dan minum alkohol karena kedua bahan tersebut membuat ginjal harus bekerja keras untuk menetralisir bahan itu
  • Suplemen dari ekstrak bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah, tetapi berkonsultasilah dulu dengan dokter Anda untuk mengonsumsi suplemen ini karena mungkin ada efek samping bagi kesehatan Anda.

Obat Alami Gangguan Ginjal

Ada beberapa resep untuk obat herbal buat ginjal untuk menyembuhkan ginjal/ pengobatan ginjal secara alami, obat penyakit ginjal yaitu :

Resep 1 

Bahan : – 15 gr daun Sukun kering, + 1 gelas air mendidih, madu atau gula batu secukupnya.
Cara membuat : Seduh bahan tersebut diatas, gunakan periuk tanah atau panci kaca. Saring, setelah dingin dan bila perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari. Dan selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang keras mengkonsumsisayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung.

Resep 2 

Bahan : – 1 rimpang Temulawak + 1 genggam daun Kumis Kucing segar + 1 genggam daun Meniran segar + 4 gelas air – Gula Aren secukupnya
Cara membuat : Setelah semua bahan-bahan tersebut dicuci, rebus dalam periuk tanah atau panci kaca hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari. Untuk penambah rasa tambahkan gula Aren atau madu sesuaiselera anda.

Resep 3 : 

Bahannya : – 60 gr Kumis Kucing segar (daun dan batangnya) – 30 gr daun Sendok segar – 30 gr Rumput Mutiara segar – 800 cc air
Cara membuatnya : Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 4 : 

Bahannya : – 30 gr Meniran segar (daun, batang dan akarnya) + 60 gr akar alang-alang segar + 30 gr Pegagan segar – 800 cc air
Cara membuat : Cuci bersih semua bahan, dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kalisehari, masingmasing 150 cc.

Resep 5: 

Bahannya : – 20 gr Sambiloto segar (batang dan daunnya) + 60 gr Krokot segar (berikut dengan akarnya) + 60 gr rambut Jagung segar – 800 cc air
Cara membuatnya : Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kalisehari masing-masing 150 cc.

Obat Alami Batu Ginjal 

Resep 1

Bahannya : – 4 tongkolJagung muda + 1 genggam rambut Jagung + 8 helai daun Keji Beling segar – 1 gelas air
Cara membuatnya : Cucisemua bahandan rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum selama 14 hari berturutturut. Setelah batu keluar, apakah berupa butiran maupun buih, maka pengobatan harus dihentikan.

Resep 2 

Bahannya : – 30 gr daun Meniran segar + 30 gr daun Kumis Kucing segar – 1 gelas air mendidih Cara membuatnya : Setelah dicuci bersih, seduh kedua bahan tadi. Biarkan sampai dingin, saring dan minum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut Obat Herbal Radang Ginjal Bahannya : – 60-120 gr akar Alang-alang segar – 3 gelas air
Cara membuatnya : Cuci bersih dan potong-potong seperlunya, kemudian rebus hingga air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan bagi menjadi 3 bagian untuk 3 kali minum dalam sehari.

Obat Herbal Batu Empedu 

Bahannya : – 5 tongkolJagung muda – 5 gr daun Kumis Kucing segar – 1 gelas air Cara membuatnya : Setelah semua bahannya dicuci bersih, rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum sekali dalam sehariselama 14 hari berturut-tur

GINJAL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top