CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK

CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK 

Kembali lagi bersama Info Dokter99, kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yaitu cara mengobati gusi bengkak,  sebelum kita mengetahui cara untuk mengobati gusi bengkak jadi kita cari dulu apa penyebab gusi bengkak, untuk mengetahui penyebab gusi bengkak langsung saja infonya sebagai berikut :

Penyebab Gusi Bengkak

Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi.Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kurang gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C.Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat, sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, atau bisa juga akibat efek obat-obat dilantin, fenobarbital, atau obat penghambat saluran kalsium. Jadi gimana cara atasi Gusi Bengkak,,,? 

Cara Atasi Gusi Bengkak

Cara Mengatasi Gusi BengkakGangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan lebih banyak perhatian pada kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali tiap hari dan lengkapi kebersihannya dengan menggunakan benang gigiUntuk membantu mengatasi gusi bengkak, penderita disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta menghindari merokok, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung glukosa tinggi. Selain itu, untuk kasus tertentu dapat dilakukan root planning untuk membersihkanGangguan gusi yang sudah tergolong parah, kemungkinan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Misalnya, kondisi Acute Necrotizing Ulcerative Gingivitis (ANUG) atau gingivitis ulseratif akut yang ternekrotisasi, perlu mendapatkan pengobatan, termasuk obat pereda nyeri, antibiotik serta obat kumur khusus mengandung klorheksidin, atau hidrogen peroksida.Bila gusi bengkak atau gangguan gusi lain berlangsung lebih dari dua minggu, segera temui dokter gigi.Gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi sensitif terhadap pasta gigi, dapat diatasi dengan mengganti produk yang biasa digunakan. Jika gusi bengkak disebabkan oleh produk obat kumur, segera hentikan penggunaannya. Sedangkan, jika hal itu merupakan reaksi dari obat yang Anda konsumsi, maka konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan mengganti obat tersebut dengan yang lain. Penghentian atau penggantian obat harus selalu dalam pengawasan dokter.Penanganan lain di dokter gigi untuk mengatasi gusi bengkak akibat plak bisa melalui pembersihan dengan prosedur scalling. Lalu Gimana Cara mengobatinya,,,?

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Ada beberapa cara untuk mengobati Gusi yang bengkak, yaitu sebagai berikut :
  • Dengan Daun Sirih. Caranya yaitu ambil 10 helai daun sirih dan campurkan kunyit dan garam secukupnya. Masukkan ketiga bahan tersebut dalam 500cc air dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, saring airnya dan gunakan sari tersebut untuk berkumur atau juga bisa diminum.
  • Lada Hitam Dan Minyak Cengkih. Kedua bahan ini merupakan bahan tradisonal yang dipercaya untuk mengatasi pembengkakan gusi. Caranya yaitu cukup mengoleskan minyak cengkih dengan sedikit lada hitam pada area gusi yang bengkak. Ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkanya.
  • Berkumur Air Garam. Cara mengatasi gusi bengkak yang pertama adalah dengan air garam, dimana sangat bagus untuk meredakan pembengkakan gusi karena didalamnya terdapat zat antiseptik dalam melawan kuman penyebabnya. Anda bisa berkumur dengan air garam 2-3 kali dalam sehari yang dilanjutkan berkumur memakai air bersih. Lakukan secara teratur.
  • Sikat Gigi Secara Rutin. Yang keenam yaitu dengan sikat gigi secara teratur. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anda. Jangan serta merta bila anda sudah sembuh dari pembengkakan gusi, kemudian anda semakin jarang untuk menyikat gigi anda. Baiknya 2-3 kali anda melakukan gosok gigi setiap harinya atau sesudah mengkonsumsi makanan.
  • Pijatan Gusi. Cara mengobati gusi bengkak secara   selanjutnya adalah Pijatan Gusi. Memang hal ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang, namun ini merupakan tips yang bagus untuk mengurangi rasa sakit. Caranya yaitu gunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkat. Pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda sudah bersih agar tidak memicu adanya bakteri lain pada mulut anda.
  • Hidrogen Peroksida/Baking Soda. Anda juga bisa untuk berkumur menggunakan Baking Soda. Obat kumur ini mamapu untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi tersebut.

Demikian Artikel kali ini dari infodokter99 yang mengenai dengan bagaimana cara mengobati gusi bengkak, mohon maaf jika ada dalam penulisan kata kata yang sama dengen blog lain, karna penjelasan artikel ini juga saya dapatkan dari blog yang lain,, (Bukan Copy Paste Langsung)

CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

6 Comments

artikel sangat bagus... terima kasih udh berbagi informasinya

mntap nih infonya hehehe :D

Kebetulan banget ini artikel wah wah wah pas gw lagi ngalamin nih gigi huuh gimana gitu rasanya ya klo sakit gigi.

kalao pakaoi obat apotik, mereknya apa gan.. Tks btw informasinya...

mantap alhadulilah udah sembuh gara" ini (Y) ty gan ~

 

Top