ATASI PENYAKIT MALARIA

ATASI PENYAKIT MALARIA

Kembali lagi bersama saya info dokter99, kali ini saya akan membahas tentang penyakit malaria ini/ Atau pengertian malaria , ya malaria ini sangat berbahaya, apalagi dikalangan masyarakat sekitar kita, Lalu apa yang dimaksud dengan Malaria, Penyakit malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Malaria menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi oleh parasit. Malaria bahkan bisa mematikan jika tidak ditangani dengan benar.Infeksi malaria bisa terjadi cukup dengan satu gigitan nyamuk. Malaria jarang sekali menular secara langsung dari satu orang ke orang lainnya. Contoh kondisi penularan penyakit ini adalah jika terjadi kontak dengan darah penderita atau janin bisa terinfeksi karena tertular dari darah sang ibu.

PENYAKIT MALARIA

Penyebab Malaria

Plasmodium adalah jenis parasit yang menyebabkan malaria. Ada banyak sekali jenis parasit Plasmodium, tapi hanya lima jenis yang menyebabkan malaria pada manusia. Parasit Plasmodium hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Gigitan ini lebih sering terjadi pada malam hari. Melalui gigitan nyamuk, parasit masuk ke dalam aliran darah manusia.Terdapat lima jenis parasit plasmodium. Kasus yang paling banyak ditemukan di Indonesia disebabkan oleh Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax. Kedua jenis parasit ini adalah penyebab malaria yang paling umum. Plasmodium falciparum bertanggung jawab atas sebagian besar kematian yang diakibatkan oleh malaria. Plasmodium vivax bisa mengakibatkan penderita yang telah sembuh menjadi sakit lagi karena parasit ini dapat diam bersembunyi di dalam organ hati manusia sebelum menjadi aktif lagi.

Penyebab Penyakit Malaria

Penyebaran penyakit malaria pada manusia dilakukan oleh nyamuk Anopheles betina yang sudah terinfeksi parasit Plasmodium.  Nyamuk akan terinfeksi jika menggigit penderita malaria. Nyamuk ini kemudian akan menyebarkan parasit pada orang lain melalui gigitan.
Parasit akan masuk ke aliran darah dan bergerak ke organ hati. Infeksi akan terjadi dan berkembang di organ hati. Dari situ, parasit akan masuk kembali ke aliran darah dan menyerang sel darah merah. Parasit akan memanfaatkan sel darah merah sebagai tempat berkembang biak.

Karena parasit yang menyebabkan malaria memengaruhi sel darah merah, orang juga bisa terserang malaria jika terjadi pajanan terhadap darah yang terinfeksi. Meski jarang terjadi beberapa proses berikut bisa menularkan infeksi malaria:  
  • Proses transfusi darah.
  • Dari ibu hamil yang terkena malaria ke janin yang dikandungnya.
  • Berbagi jarum suntik dengan penderita malaria.

Cara Mencegah Penyakit Malaria

Setelah saya menjelaskan penyebabnya kali ini saya akan menjelaskan cara pencegahannnya, Cara pencegahan malaria selain dengan mencegah perkembangan vektor bisa juga dengan cara meminimalisir kontak dengan nyamuk. Misalnya
  • Memasang kelambu pada saat tidur
  •  Menggunakan lotion pada saat nyamuk anopheles mulai aktif yakni pada malam hari.
  • Menggunakan AC atau kipas angin bisa sedikit mengurangi.
  •  Memasang jaring/kasa anti nyamuk di jendela-jendela supaya nyamuk tidak dapat masuk
  •  Memakai pakaian yang tertutup dan cerah
  • Menggunakan obat anti nyamuk
  •  Memasang perangkap nyamuk
  •  Menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti geranium, zodia, serai wangi, jeruk, lavender, akar wangi, rosemary, citosa mosquito dan kecombrang.
  • Hindari daerah endemis malaria terutama jika anda dalam kondisi yang rentan (Hamil, balita, sistem kekebalan tubuh yang menurun dan lanjut usia) 

Cara Mengobati Penyakit Malaria

ada beberapa cara mengobati penyakit malaria ini, dengan kata lain penyakit ini bisa diobati secara alami ataupun bisa juga di obati dengan pengobatan tradisional. Ada beberapa obat alamai yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit malaria sebagai berikut

Sidaguri 
Sidaguri biasa digunakan sebagai obat asam urat. Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati malaria. Siapkan beberapa lembar daun sidaguri dan bunganya. Rebus ke dalam 250 cc air, biarkan hingga air mendidih dan tersisa ½ gelas. Anda dapat meminum airnya setelah disaring dan dingin.

Daun Pepaya 
Siapkan 2 lembar daun papaya, kemudian dicuci hingga bersih. Daun direbus bersama 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas saja. Anda boleh meminum airnya ketika dingin atau hangat. Beberapa obat alami lainnya yang sering digunakan untuk mengobati penyakit malaria seperti buah anggur, jus jeruk, kayu manis dan daun kemangi. Bahan-bahan alami tersebut digunakan untuk melawan malaria dengan cara dikonsumsi secara langsung, maupun ditambahkan ke dalam makanan lain. Catatan: Setelah melakukan pengobatan alami selama 3 hari, anda harus melakukan tes darah di laboratorium. Tindakan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas obat malaria tradisional tersebut. Anda juga harus konsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat. Biasanya, obat malaria yang sering digunakan oleh medis antara lain doxycycline, atovaquone / proguanil, mefloquine, klorokuin dan primakuin. 

Daun Mimba
Mimba tergolong ke dalam tanaman perdu yang banyak terdapat di India. Ada dua cara pengobatan, dalam dan luar. 
  • Pengobatan Dalam Ambil sebatang mimba sebesar jari tangan. Setelah dicuci, rebus bersama 500 cc air. Biarkan air mendidih dan tersisa setengahnya. Kemudian airnya disaring, minum sebanyak 2 kali sehari. 
  • Pengobatan luar Ambil beberapa helai daun mimba. Kemudian direbus hingga mendidih. Campurkan ke dalam air di bak mandi. Gunakan air campuran ini untuk mandi pagi dan sore hari
Demikian Permasalahan kita kali ini tentang penyakit Malaria, Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesamaan kata dari web web lain,  Salam info dokter99

ATASI PENYAKIT MALARIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top